Rabu, 30 November 2011

RUSUN BAGI WARGA CILIWUNG

75 Blok Rusun Tampung 30 Ribu Warga Ciliwung
JAKARTA (Pos Kota) – Sebanyak 30 ribu warga saat ini ditengarai tinggal di bantaran Kali Ciliwung. DPRD DKI Jakarta setuju warga tersebut dilokalisir. Diperlukan sekitar 75 blok Rumah Susun (Rusun) untuk menampung warga tersebut. “Dewan setuju warga di bantaran kali tersebut dipindahkan. Tapi mereka harus ditampung di rumah susun (Rusun). Bila satu keluarga  terdiri minimal empat orang maka menampung 30 ribu warga tersebut hanya membutuhkan 75 Blok Rusun. Tidak terlalu banyak,”kata Inggard Joshua, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.
Menurut Inggard,  rusun untuk menampung warga tersebut harus berada tidak jauh dari aktifitas warga setempat. “Lokasinya jangan terlalu jauh. Kalau bias tidak jauh dari tempat tinggal mereka,”katanya.Inggard mengatakan, bila jauh dari aktifitas selama ini maka dikhawatirkan warga setempat bakal bertambah miskin.
Pemindahan warga dari bantaran kali, kata Inggard, sangat mendesak. Sebab, pemukiman di bantaran kali menjadi salah satu penyebab banjir di Jakarta. “Kali menjadi  sempit dari ukuran semula. Jadi ini memang mendesak. Tapi sebelum pemindahan, pemerintah aau Pemprov haus membangun terlebih dulu Rusun untuk mereka. Sehingga warga tidak telantar,”tandasnya.
Sedangkan Gubernur DKI Jakarta H. Fauzi Bowo mengatakan, sudah lama pemprov mempunyai rencana untuk pemindahan warga di bantaran kali. “Pemprov juga sudah memiliki rencana itu,”katanya. Sebab itu, pemprov  bertahap membangun rusun bagi warga tersebut. “Tapi untuk membangun rusun sebanyak itu bukan pekerjaan mudah,”jelasnya.
Pemprov mengalami kesulitan dalam pengadaan lahan untuk rusun tersebut. “Makanya pemprov juga menggandeng Real Estate Indonesia untuk pengadaan rusun di Jakarta,”katanya. Dari data, saat ini terdapat puluhan Blok Rusun yang dibangun pemeprintah pusat kosong. Seperti 11 Blok Rusun di Marunda, 6 Blok di Jalan Komarudin serta 4 Blok di Cakung. Sedangkan Pemprov DKI Jakarta tahun 2011 ini merencanakan membangun sekitar 11 Blok Rusun. Saat ini dalam tahap pembebasan lahan.
Dalam waktu dekat, Pemprov akan memindahkan sekitar 5000 warga di bantaran Waduk Pluit. Mereka akan dipindahkan ke sejumlah rusun yang saat ini tengah dibangun di dekat lokasi itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar