Rabu, 09 November 2011

RUSUNAWA SURABAYA

Jamsostek akan Bangun Rusunawa di Surabaya 2012

Investor Daily. SURABAYA – PT Jamsostek bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menggarap proyek rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) untuk pekerja yang rencananya mulai direalisasikan pada awal 2012.

Kepala Kantor Wilayah VI PT Jamsostek Junaedi di Surabaya, Senin, mengatakan, pembangunan rusunawa molor dari jadwal semula pada 2011, karena ada sejumlah kendala yang harus diselesaikan kedua belah pihak.

"Masalah krusial adalah menyangkut regulasi. Jamsostek sejak awal menginginkan rusun itu untuk disewakan kepada pekerja, tetapi Pemprov Jatim minta rusun bisa menjadi hak milik pekerja," katanya.

Konsep sewa itu sudah diberlakukan pada proyek rusunawa yang sudah dibangun Jamsostek di Kawasan Industri Terpadu Kabil (KITK) di Batam.

"Perbedaan regulasi Jamsostek dengan Pemprov Jatim itu perlu disamakan dulu, sehingga tidak melanggar aturan atau peraturan daerah di kemudian hari. Intinya sudah ada kata sepakat, mudah-mudahan awal 2012 bisa mulai dibangun," ujar Junaedi.

Nota kesepahaman pembangunan rusunawa di Kelurahan Sumur Welut, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya, telah ditandatangani Dirut Jamsostek Hotbonar Sinaga dan Gubernur Jatim Soekarwo pada Desember 2010.

Dalam kerja sama tersebut, Pemprov Jatim bertugas menyediakan lahan, sedangkan pembangunan dilakukan sepenuhnya oleh Jamsostek. Total lahan yang telah disiapkan sekitar 2,8 hektare.

Junaedi menambahkan, dari delapan blok rusunawa yang rencananya dibangun dengan masing-masing blok terdiri dari 50-60 kamar, pada tahap awal akan direalisasikan sebanyak empat blok.

Menurut dia, pembangunan satu blok rusunawa menghabiskan investasi sekitar Rp15 miliar-Rp17,5 miliar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar